Tuesday, June 16, 2015

Resep Kue Kering Florentine


Menghabiskan sisa stok bahan bahan kue ternyata masih bisa membuat kukis florentine dan taraa jadilah kukis ini. Rasanya legit dan segar dari campuran bahan lemon glazing, air lemon dan kulit lemon..

Resep Kue Kering Florentine *terinspirasi dari sajian sedap

Bahan:

300 gr butter
300 gr gula halus
250 gr telur
800 gr tepung terigu
10 gr kulit lemon, parut

Topping:

50 gr madu
40 gr sirup jagung atau satu sdm glucose ditambah apricot atau lemon glazing 2sdm bisa didapat di tbk dicampur air 30 gr
150 gr gula pasir
150 gr margarin
100 gr mix peel (kulit jeruk kering)
50 gr cranberry dry fruit
100 gr kismis
100 gr manisan ceri, potong-potong
200 gr almond iris, panggang
10 gr gelfix atau agar-agar atau bisa disubstitute dengan gelatin 10 gr, larutkan dengan air panas 5 sdm
Air perasan lemon 1 sdm atau 2 sdm

Cara Membuat:

Campur butter dan gula halus, kocok sampai lembut. Masukkan telur satu per satu, kocok kembali sampai lembut.
Tambahkan tepung terigu dan kulit lemon, aduk rata. Bulatkan, masukkan dalam plastik, simpan dalam kulkas selama 15 menit.
Topping : campur madu, sirup jagung atau campuran glucose dan lemon atau apricot glazing, gula pasir, dan margarin, masak sampai gula larut. Masukkan mix peel , cranberry kismis, almond , manisan ceri, dan air lemon aduk rata. Sisihkan.
Keluarkan adonan, giling adonan dengan ketebalan ½ cm, ratakan dalam loyang. Panggang adonan dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 20 menit atau sampai setengah matang dan kering. Angkat.
Lumuri bagian atas dengan adonan topping tipis tipis ya cairannya jangan terlalu tergenang , ratakan. Panggang kembali dalam oven selama 20 menit atau sampai matang. Angkat dan dinginkan.
Setelah dingin, oles permukaan dengan gelfix atau agar-agar atau gelatin tetap tipis tipis ya, diamkan sesaat agar mengeras. Potong-potong 4×4 cm dengan bentuk kotak. Sajikan dingin.

Sumber: Facebook Post
Inuwi Shop
Facebook Page

No comments:

Post a Comment